Kamis, 28 Mei 2015

Aka dan Al qur'an (Al qur'an for Kids)

Jumpa lagi dengan Aka di sini, hehehe berdendang di sore hari sambil mencari secercah ide untuk ditulis. "Kasian...kasian.....kasian............." #upinipinmodeon.
"tak pe lah demi keberlangsungan blog ini yang kadang suka mati suri" #hadeuh.
Saya mau cerita tentang keseruan Aka gadis kecil 3 tahun yang senang sekali bercerita dan mendengar cerita. Sejak ada "mainan baru" ini, saya sangat terbantu sekali jika diminta bercerita, tinggal sodorin aja ke Aka, hehehe.
Kenapa saya bilang "mainan baru", bukan berarti melecehkan ya, karena saking senang dan sukanya Aka sama Al qur'an ini. Senang rasanya anak-anak suka sekali berinteraksi dengan Al qur'an. Terus terang sebelum saya membelikan mereka Al qur'an ini, mereka lebih cenderung suka cerita princess, barbie, frozen dan sejenisnya, kalau ke toko buku pasti mereka langsung lari ke rak yang menyediakan buku-buku sejenis itu.
Sampai suatu hari ketika ada acara di sekolahan Uni si sulung saya ada pameran, mata saya langsung tertuju ke meja yang menawarkan Al qur'an ini, tanpa pikir panjang saya langsung tanya-tanya dan pesan, sayangnya selang beberapa minggu baru dikirim ke rumah saya saking banyaknya permintaan.
Saat Al quran ini datang, semua antusias dan berebutan, wah kalau dibiarin terus bahaya masih baru udah rusak ya kan, akhirnya saya bagi jadwal pemakaian, pembagiannya ditetapkan sebagai berikut, saat Uni sekolah jadwal Aka yang interaksi dengan Al qur'an sepuasnya, saat Uni pulang sekolah Uni yang bebas berinteraksi, Alhamdulillah pembagian jadwal seperti itu aman sampai saat ini, hehehe.
Kenapa saya lebih mengedepankan cerita Aka, karena Uni sudah usia sekolah dasar tentu sudah bisa baca dan sudah lebih banyak tahu dibanding Aka, walaupun sebenarnya banyak juga pengaruh positif buat Uni yang ingin saya ceritakan tapi di kepala lagi ga oke, bilang aja ide di otak chemistry nya lagi ke Aka, hehehehe
Al-qur'an ini keluaraan Sygma Publishing, namanya Syamil Al-qur'an for kids terdiri dari empat al qur'an, dua al qur'an bacaan arabnya lengkap dengan tajwid, dua al qur'an lagi terjemahan lengkap dengan hikmah, riwayat rosul, cerita para sahabat dan tokoh-tokoh islam.
Al qur'an ini dilengkapi e pen si readboy yang tampilannya berbentuk boneka, bikin Aka senang  buka-buka Alqur'an dan membacanya tentu dengan bantuan si readboy ini
Aka dan Readboy nya

Tampilan Al qur'an ini keren banget, kaya warna memanjakan mata anak-anak deh, Aka makin betah saja berlama-lama berinteraksi dengan Al qur'an ini, walaupun belum bisa baca Aka sangat menikmati semua cerita hikmah riwayat rosul, cerita para sahabat dan tokoh-tokoh islam, tinggal tunjuk bagian mana yang mau dibaca dengan menggunakan readboy tentunya. Narasi yang dipakai dimengerti anak-anak,dengan demikian Aka jadi banyak tahu tentang hikmah dan cerita yang terkandung dalam Al qur'an. Belum lagi tentang "Sekarang Aku Tahu" , di sini ada cerita tentang hal-hal yang biasa kita temui dalam keseharian, bagaimana kita menerapkan Al qur'an dalam kehidupan kita, banyak hal yang tadi nya susah menjelaskan ke anak sekarang dipermudah menjelaskannya dengan bantuan Al qur'an ini.

Sekarang Aku Tahu
 Interaksi dengan Al qur'an sedari dini tentu membantu pembentukan karakter anak menjadi soleh dan soleha sesuai yang diharapkan, berharap Uni dan Aka mempunyai akhlak yang baik, sukur-sukur menjadi penghapal Al qur'an, apalah gunanya hidup di dunia ini yang hanya senda gurauan dan permainan semata, kalau anak-anak tidak kita siapkan untuk tujuan yang hakiki, karena saya yakin jika anak-anak kita soleh dan soleha, cerdas, pintar dan lain lainnya akan mengikuti, in sya allah.


Mudah-mudahan sekilas cerita ini bisa diambil baiknya, dan kurangnya tentu karena keterbatasan saya sebagai manusia.
Uni dan Tas Al qur'annya
Uni dan Al qur'an tulisan arabnya

Aka dan Al qur'an nya 

1 komentar:

  1. waaa.... jd klo pen nya diarahkan lsg kluar suara ayat Quran ya mbak? boleh tau brp hrgnya mbak ? Bagus sekaliii... mau cari jg ahh...

    BalasHapus