Selasa, 17 Februari 2015

Sekilas Hypnoparenting

Sejak memiliki buah hati, saya selalu berusaha mencari tahu tentang ilmu parenting, karena mendidik anak itu belum ada sekolahnya jadi sebisa mungkin saya terus upgrade ilmu dalam mendidik anak. Zaman berubah pola pengasuhan orangtua kita dulu dengan pengasuhan anak-anak kita sekarang tentu berbeda. Sekarang era digital, anak-anak kita sedikit banyak pasti terkena imbasnya, baik hal positif, maupun hal negatif, belum lagi pengaruh lingkungan di luar keluarga dan rumah kita, semua tergantung kita sebagai orangtua menjaga dan mendidiknya. 
Beruntung sekali di lingkungan tempat tinggal saya sudah beberapa kali mengadakan kegiatan seminar tentang ilmu parenting ini. Alhamdulillah saya selalu berusaha mengikuti seminar-seminar tersebut dengan tema yang berbeda tentunya. Namun kali ini saya akan mengulas seminar yang pertama dulu ya, nanti lain waktu saya akan ulas seminar yang lainnya, insya allah.
Seminar ini merupakan program dari PKK-Posyandu Mekar Arum 16, yang langsung mengundang ahli Hypnotheraphy yaitu Dea Sunarwan, ST, CHt, CI, NNLP. Seminar ini mengangkat tema 'Menaklukan Anak dengan Metode HYPNOPARENTING Menjadi Orang tua Bijak dengan Metode Terapan Kontemporer'.
Hypnoparenting dari segi bahasa terdiri dari dua kata yaitu hynpnosis dan parenting. Hypnosis adalah seni dan teknik komunikasi yang melibatkan sistem kerja otak untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar, sedangkan arti parenting adalah ilmu tentang mengasuh, mendidik dan membimbing anak dengan bijak, benar dan tepat. Jadi hypnoparenting itu adalah metode mendidik dan membimbing anak dengan teknik komunikasi terhadap pikiran bawah sadar anak.
Seorang anak bukanlah penurut yang handal, tapi ia adalah peniru yang ulung, maka kita sebagai orangtua harus berhati-hati dalam bersikap dan bertindak karena itu akan berpengaruh pada karakter anak kita.
Saya tidak pandai menjabarkan secara ilmiah bagaimana konsepnya, disini saya akan menceritakan sedikit apa yang saya tangkap dari seminar tersebut. Lansung saja ya, langkah hypnoparenting itu adalah pemberian sugesti, yaitu kalimat yang mampu membimbing pikiran, perasaan, dan prilaku menuju hal yang diharapkan. Caranya adalah:
  1. Positive (sebutkan apa yang diinginkan, bukan yang dihindari)
  2. Repetisi (Pengulangan, setiap hari)
  3. Present tense (hindari kata akan, tapi kata sekarang)
  4. Pribadi
  5. Tambahkan sentuhan emosional dan imajinasi
  6. Progressive (bertahap), jika diperlukan
Waktu yang tepat menanamkan sugesti pada anak adalah saat menjelang tidur dan bangun tidur, dengan cara memberikan pesan mental dengan sentuhan/tindakan namun hindari kata-kata yang mengandung emosi negatif. Selain itu dengan cara mengagetkan anak dengan kata-kata bijak, seperti: suka minum susu, suka makan sayur, rajin belajar dan sebagainya.
Saat anak kita yang masih kecil sedang bersedih, buatlah kepalanya mendongak dan tepuk pantatnya secara lembut seirama detak jantung kita, insyaallah kesedihannya akan sirna.
Perlu kita ketahui anak dengan rentang usia 1-6 tahun sangat sugestif. Anak menerima dengan mentah ucapan orang tuanya, dengan kata lain informasi yang diterima langsung masuk ke pikiran bawah sadar anak.
Nilai-nilai yang kita ingin terapkan kepada anak tergantung dari pola kalimat yang disampaikan orangtuanya, karena pikiran anak tidak mengenal bahasa, tapi yang ia kenal adalah gambaran yang terbentuk dari pola tindakan dan ucapan orangtuanya.
Perhatikan kalimat berikut:
 "Anak Mama yang ganteng jangan MAIN AIR terus, nanti MASUK ANGIN"
apa yang terjadi? apa yang ditangkap anak?, iya benar yang terjadi anak masuk angin dan nilai yang ditangkap anak adalah:
MAIN AIR = MASUK ANGIN
Maka fokuslah pada hal yang diinginkan dan gunakan kalimat positif, seperti berikut:
"Anak Mama yang ganteng, MAIN AIR nya mau SELESAI SEKARANG, atau 5 MENIT LAGI?
 Seminar berakhir dengan dibagikannya sertifikat bagi peserta.
Demikianlah ulasan singkat saya tentang seminar hypnoparenting yang saya ikuti kali ini, mudah-mudahan bisa diambil ilmunya dan bisa diterapkan pada anak-anak kita.
alhamdulillah dapat sertifikatnya

2 komentar:

  1. Wah makasih mak sharednya tentang Mendiidk anak, smga say abisa terapan.Makasih mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mdh2an manfaat ya mak.makasih kunjungannya mak

      Hapus