Senin, 22 Desember 2014

Ketika Aka Demam


Melihat si kecil sakit, "sakitnya tu di sini", sambil menunjuk dada, rasanya ingin sekali menggantikan kesakitan yang dia rasa. Pagi itu, si bungsuku Aka, mendadak rewel dan tak ceria seperti biasanya, ternyata setelah ku rangkul dan peluk, badannya panas. Aka merengek minta digendong, "bunda mau nen", sambil merajuk dan menunjuk ke kamar. Nen adalah istilah Aka untuk tidur-tiduran sambil menarik tali bra dan kaki menempel ke tembok, jika dibiarkan beberapa saat dengan posisi demikian Aka akan tidur dengan sukses. Aka meminta "nen" jika merasa ngantuk dan pengen tidur, sedang menangis atau berantem dengan Uni, terakhir jika merasa tak enak badan.
Saat sakit mendera Aka bisa seharian minta"nen", seperti hari itu dia tak mau lepas sedikit pun dari dekapan saya, walaupun demikian Aka membolehkan jika saya minta ijin untuk melakukan sesuatu asal masih dalam jangkauan pandangannya seperti sholat dan makan. Sedangkan untuk mandi saya harus mengikut sertakan Aka. Saat saya mandi biasanya Aka saya rendam ke dalam bak berisi air hangat, bersukur saya mandi sangat kilat jadi Aka tidak terlalu lama berendamnya. Selesai mandi Aka juga langsung saya balut dengan handuk dan balur seluruh badannya dengan minyak telon, alhamdulillah suhu badan Aka akan turun secara perlahan setelah itu Aka bisa lelap tidurnya. Oya untuk mempercepat kesembuhannya saya selalu memberi Aka madu dan lemon, insyaallah esok harinya aka tak kan panas lagi badannya, seperti hari itu Aka panasnya tak berlanjut keesokan harinya.
Ternyata setelah saya amati penyebab demamnya Aka ada di pencernaan karena sehari sebelumnya Aka makan basreng jajanan Uni pulang mengaji, malamnya Aka mengeluh sakit perut, ternyata paginya demam pun datang, BAB nya pun lebih sering. Dosis pemberian lemon dan madu pada Aka yang biasanya pagi dan malam menjelang tidur, saya tambah siang itu dengan memberi satu sendok air lemon dan madu. Alhamdulillah keesokkan harinya Aka sudah ceria seperti biasanya.
Demam bukanlah penyakit melainkan bentuk proteksi tubuh jika ada suatu gangguan yang ada di dalam tubuh, misalnya adanya virus batuk, flu atau pilek, atau adanya bakteri yang masuk ke tubuh sehingga tubuh merespon dengan meningkatnya suhu tubuh karena sel darah putih meningkat untuk melawan virus atau bakteri tersebut, untuk jelasnya bisa dilihat di http://indonesiaindonesia.com/f/1874-demam-demam/.
Pemberian lemon dan madu sangat baik untuk kesehatan tubuh tidak hanya pas sakit ketika kita sehat pun bisa menangkal berbagai penyakit yang menyerang karena kandungan vitamin C nya yang tinggi dan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antivirus.Selengkapnya bisa dibaca di http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-jeruk-lemon-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
Alhamdulillah sejak membiasakan mengkonsumsi lemon dan madu pada anggota keluarga saya, penyakit jarang menghampiri, kalaupun sempat terserang tak bertahan lama itu penyakit. Seperti Aka hari itu.
Senyuman Aka

2 komentar:

  1. Kereen artikelnya :).. Anak2 sy juga suka perasan lemon tambah air hangat, tapi tambah gula.. mungkin ntr dicoba ganti gula dengan madu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp jg trid pk gula, sy jg begitu kalau madu lagi habis

      Hapus